Posted by: kuncungku | December 24, 2009

KOMUNIKASI ORGANISASI

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI

Pengertian Komunikasi
• Unsur Komunikasi
• Bagaimana Menyalurkan Ide Melalui Komunikasi
• Hambatan-Hambatan Komunikasi
• Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
Pengertian Komunikasi
• Pengertian Komunikasi
komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang yang lain
Unsur-unsur Komunikasi ada 5, yaitu :
• Komunikator yaitu orang yang memiliki kerangka iede untuk dikomunikasikan.
• Menyampaikan berita yaitu cara untuk menyampaikan berita yang berupa fakta untuk meyakinkan pesan yang disampaikan.
• Berita-berita yang disampaikan adalah berita apa saja yang akan disampaikan, berita ini diperlukan ketepatan dengan pesan yang disampaikan komunikator tepat di sini adalah sesuai kebutuhan komunikan.
• Komunikasi proses interaksi penyampaian saran, pesan atau informasi dan pengertian dari komunian ke komunikator.
• Tanggapan atau reaksi ini adalah harapan komunikator akan pesan atau informasi yang telah komunikator komunikasikan untuk memenuhi kebutuhan komunikan begitupun dengan komunikan berharap kebutuhannya akan pesan atau informasi akan terpenuhi setelah melakukan komunikasi.
Hambatan-Hambatan Komunikasi
1. Hambatan yang bersifat teknis seperti tidak adanya peralatan untuk mengkomunikasikan secara jarak jauh atau hambatan waktu.
2. Hambatan semantik kesalahan verbal atau tulisan.
3. Hambatan perilaku yaitu psikologis komunikator dan komunikan, contoh rasa malu komunikasikan peasn atau informasi.
Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
1. Dari segi sifatnya :
a. Komunikasi Lisan
b. Komunikasi Tertulis
c. Komunikasi Verbal
d. Komunikasi Non Verbal.
Bagaimana menyampaikan komunikasi dalam organisasi
Suatu komunikasi bisnis adalah komnukasi yang ingin memenuhi tujuan komunikator berupa pesan tau saranuntuk mendapat tanggapan dari pendengar agar pencapaian goal bisnis dalam suatu organisasi semakin efektif adapun pesan atau saran yang disampaikan harus menarik jelas terancang, pesan atau saran yang diberikan berhubungan dengan kebutuhan komunikan dan terakhir menggunakan fakta atau pengalaman kerja komunikatror dan komunikan terhadap saran yang diajukan.Karena saran yang dikomunikasikan dalam bisnis dan saran tersebut sesuai dengan kebutuhan organisasi baik bisnis maupun social maka timbul tindakan selanjutnya yaitu tuntutan perhatian memahami, menganalisa sehingga ada suatu kepentingan writing yaitu mencatat setiap komunikasi yang terjadi di dalam organisasi.
Seorang komunikator harus dapat mempertimbangkan apa yang akan disampaikan atau memprediksikannya, seorang komunikator juga harus memiliki kerpercayaan terhadap komunikan karena dengan saling mempercayailah suatu pesan atau saran dapat diterima, seorang komunikan mempunyai bayangan akan pesannya agar tercapai begitupun komunikan mempunyai kebutuhan saran nah komunikator harus mempunyai bayangan kebutuhan saran untuk komunikan yang dapat dikomunikasikan sehingga dapat diterima dan mendapatkan feed back-nya.
Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
1. Dari segi sifatnya :
a. Komunikasi Lisan seperti komunikasi langsung contoh wawancara dan kontak dengan kelompok atau individu lai.
b. Komunikasi Tertulis seperi membaca informasi yang berbentuk komunikasi tertulis contoh komunikasi yang didokumenkan surat, memo, laporan dan media massa atau majalah.
c. Komunikasi Verbal seperti membicarakan dan mendengarkan membuat dan melakukan pembicaraan yang menarik, berpidato atau melakukan presentasi.
d. Komunikasi Non Verbal seperti isyarat, ekspresi wajah, symbol, sandi, suara dan kostum. Komunikasi non verbal ini bertujuan melengkapi pesan verbal agar ada efek tertentu atau mengembangkannya sehingga non verbal ini mengatur komunikasi yang dijalin pengekspresian dan mengendali persuasi komunikan atau komu spesifik lagi kemampuan komunikasi non verbal dapat meningkatkan saling kepercayaan dan sikap kepemimpinan.
Unsur terpenting dalam komunikasi yaitu ;
1. Komunikator.
2. Komunikan.
3. Pesan atau saran.
4. Feed back.
Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
. Dari segi arahnya
a. Komunikasi Ke atas
b. Komunikasi Ke bawah
c. Komunikasi Diagonal Keatas
d. Komunikasi Diagonal Kebawah
e. Komunikasi Horizontal
f. Komunikasi Satu Arah
g. Komunikasi Dua Arah
Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
3. Menurut Lawannya :
a. Komunikasi Satu Lawan Satu contoh bertanya atau berbicara atau saling menanggapi satu dengan yang lain.
b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)‏ contoh berpidato.
c. Kelompok Lawan Kelompok contoh kerjasma antar kelompok.
Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
4. Menurut Keresmiannya :
a. Komunikasi Formal yaitu komunikasi yang sengaja dilakukan dalam organisasi krena kebutuhannya, contoh meeting untuk mempresentasikan sesuatu untuk mencapai goal presentasi pun termasuk komunikasi.
b. Komunikasi Informal
• Komunikasi Informal terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi.
• Komunikasi informal (the grapevine) biasanya disebarluaskan melalui desas-desus atau kabar angin dari mulut ke mulut dari satu orang ke orang yang lainnya dalam suatu organisasi dimana kebenarannya tidak bisa dijamin karena kadang-kadang bertentangan dengan perusahaan.
• Jadi agar komunikasi informal bisa bermanfaat maka seorang pemimpin harus bisa memakai jalur ini untuk memperlancar berjalannya komunikasi formal perusahaan (komunikasi formal ini jangan sampai mengakibatkan timbulnya desas-desus yang meresahkan karyawan)
Rangkuman
Komunikasi dalam organisasi pada dasarnya merupakan suatu kegiatan intern didalam organisasi.
Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan baik apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan.
Pimpinan organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat . Oleh karena itu komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi . Komunikasi yang paling efektif adalah komunikasi langsung yang dilengkapi dengan komunikasi verbal dan non verbal.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: